Sunday, January 15, 2012

Nyonya Tua merebut kembali posisi Capolista

TURIN - Gionarta ke -18 Serie A, Minggu (15/1/2012) mempertemukan Juventus dengan Cagliari.
Hasil akhir pada pertandingan ini adalah imbang,meski gagal mendapatkan nilai penuh Juventus untuk sementara berhak melengserkan AC Milan dari singgasana Capolista.

Juve yang tampil dihadapan publiknya di Juventus Arena, langsung tampil menyerang sejak peluit dibunyikan wasit. Permainan cepat dan taktis yang diperagakan para punggawa I Bianconeri pun langsung membuahkan hasil saat laga memasuki menit keenam.

Mirko Vucinic berhasil menyelesaikan serangkaian umpan satu sentuhan pemain Juve dengan sebuah sontekan manis untuk membawa timnya unggul 1-0.

Serangan gencar Juve kembali membuat pertahanan Cagliari keteteran. Di menit ke-13, Alessandro Matri nyaris menggandakan keunggulan timnya, andai tendangan keras mendatarnya tidak tipis melenceng dari sisi gawang Cagliari yang dikawal, Michael Agazzi.

Memasuki pertengahan laga, Cagliari mulai menemukan bentuk permainannya. Skuad besutan Davide Ballardini ini pun mulai bisa mengimbangi permainan Juve. Di menit ke-20 misalnya, Cagliari mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Tapi sayang, tembakan Davide Astori masih menyamping di sisi gawang Gianluigi Buffon.

Di menit ke-35, para punggawa Cagliari menuntut hadiah penalti menyusul handball yang dilakukan Andrea Barzagli saat mengantisipasi umpan silang Alessandro Agostini. Sayang, wasit tidak melihat kejadian tersebut sehingga enggan memberikan hadiah penalti.

Terlepas dari insiden tersebut, Juve kembali menciptakan peluang di menit ke-38. Sayang, sundulan Simone Pepe menyambut umpan Vucinic justru mengarah tepat ke pelukan Agazzi.

Permintaan penalti kembali disuarakan para pemain Cagliari pada menit ke-44. Tembakan Andrea Cossu sempat membentur lengan Andrea Pirlo. Namun, lagi-lagi wasit tidak menilai itu sebagai sebuah handball. Skor 1-0 untuk keungulan Juve pun bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, upaya keras para pemain Cagliari akhirnya terbayar. Serangan cepat yang mereka bangun sejak menit awal langsung berbuah gol. Pada menit ke-47, Cagliari berhasil menyamakan kedudukan melalui sepakan terarah Cossu yang gagal diantisipasi Buffon.

Skor 1-1 membuat jalannya pertandingan kian menarik. Pelatih Antonio Conte yang terlihat kurang puas dengan performa lini depannya, memutuskan memasukkan bomber anyarnya, Marco Borriello di menit ke-82. Sebelumnya, Conte sudah memasukkan Alessandro Del Piero (gantikan Pepe) dan Milos Krasic menggantikan Matri.

Masuknya, sejumlah amunisi baru di lini depan ini membuat Juve mendominasi jalannya laga di 10 menit terakhir. Sebelumnya, tepat di menit ke-80, Del Piero nyaris membawa Juve unggul, andai sundulannya menyambut tendangan bebas Pirlo tidak dimentahkan Agazzi yang tampil ciamik.

Memasuki lima menit terakhir di masa tambahan waktu, Juve kian meningkatkan tempo serangan. Dua peluang emas berhasil mereka dapatkan melalui Krasic dan Vidal. Sayang, kedua peluang tersebut gagal membuahkan gol. Juve pun harus puas mengakhiri laga dengan skor 1-1.

Meski hanya mendapat tambahan satu angka, namun Juve untuk sementara sukses mengkudeta Milan dari puncak klasemen. Juve yang mengoleksi 38 poin, unggul satu angka dari I Rossoneri. Namun, Milan bisa kembali menduduki Capolista bila mampu menundukkan rival sekotanya, Inter Milan di laga derby della Madonnina, dini hari nanti.

0 comments: